Generasi Muda, Mereka Bisa Apa?

Standard

Aku bisa apa ya? [Sumber: tubasmedua.com]

Aku bisa apa ya? [Sumber: tubasmedia.com]

Banyak orang yakin akan begitu pentingnya peran para pemuda-pemudi dalam suatu bangsa. Menentukan masa depan bangsa. Menciptakan bangsa yang sejahtera dan maju. Membuat bangsanya menjadi terhormat dan tak diremehkan bangsa lain. Bahkan tak cuma itu, masih banyak lagi yang lainnya.

Memang beban yang berat. Lalu, bagaimana kesiapan mereka para generasi muda bangsa ini? Pendidikan yang diciptakan untuk menuntun mereka menciptakan masa depan yang cerah, mulai diragukan keberhasilannya. Sudah bukan rahasia lagi berbagai macam hal negatif yang pelakunya adalah para generasi muda negeri ini. Tawuran, pencurian, pembunuhan, bahkan pemerkosaan telah dihiasi mereka calon masa depan bangsa.

Tapi ingat, bahwa saudara kembarpun bahkan tak sama. Apalagi, kaum muda negeri ini. Ada yang tawuran, ada yang memenangkan lomba. Ada yang mencuri, ada yang memperoleh medali. Ada yang membunuh, ada yang menciptakan berbagai barang penuh inovasi. Jangan menyamaratakan mereka, jangan meremehkan mereka.
Generasi muda bangsa ini tak jarang menorehkan prestasi membanggakan di luar negeri.

Sedikit demi sedikit kewajiban mereka untuk bangsanya telah dilaksanakan. Kesempatan-kesempatan membuktikan kemampuan telah dikerjakan dengan baik. Salah satu bukti bisa kita lihat ketika para Paskibraka mengibarkan sang Merah Putih 17 Agustus lalu.

Paskibraka 2014 [Sumber: solopos.com]

Paskibraka 2014 [Sumber: solopos.com]

Kerja keras mereka begitu besar, demi penampilan terbaik peringatan Dirgahayu Indonesia.

Apa yang bisa dilakukan para generasi muda tak sepenuhnya positif, tapi juga tak sepenuhnya negatif. Tugas para pembimbing penting disini. Membantu para generasi muda menemukan jati diri. Membantu mereka membuat tameng dari berbagai hal negatif. Menanamkan mereka sifat agar tak sekali-kali melupakan sejarah.

Harapan bangsa yang maju dan berkembang adalah harapan semua rakyat bangsa itu, termasuk para generasi muda Indonesia. Dan, aku, kamu, kita adalah para generasi muda itu.

Berjuang selalu, jayakan negeri. Generasi muda, masa depan bangsa. 🙂

#PatriotIsMe #Advan #damniloveindonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s