Review: Simple Thinking about Blood Type 2 | Park Dong Sun

Standard
STABT2 - 01

Simple Thinking about Blood Type 2

Pernahkah kamu merasa tidak diperhatikan orang lain? Pernahkah kamu mendapat luka dari perkataan teman baikmu?

Itu semua karena setiap manusia memiliki sifat yang berbeda-beda. Dalam berinteraksi dengan orang lain, tidak ada salahnya kita mencoba mengerti apa yang dirasakan oleh teman dekat ataupun orang lain yang belum kenal.

Nah, di komik Simple Thinking about Blood Type 2 ini, kamu akan menemukan bermacam-macam cerita terbaru dan sifat-sifat unik berdasarkan golongan darah.

Tebal tapi cukup dalam hitungan jam buat baca buku ini. Meski sebelumnya sudah ada seri yang pertama tapi baru kali ini aku membaca k-toon Simple Thinking about Blood Type. Buku ini merupakan terjemahan dari penulis asal korea, Park Dong Sun. Di awal buku ini, sebelum kita membaca isinya akan diperkenalkan karakter dari keempat golongan darah.

Daftar isi juga ada di buku ini. Menurutku, adanya daftar isi merupakan nilai lebih. Pembaca akan lebih mudah menemukan yang dicari dengan pemberian daftar isi. Mayoritas yang sudah baca buku ini bilang kalau lebih tebal dari seri sebelumnya. Aku pribadi nggak bisa membandingkan karena….nggak baca šŸ˜€ Sedikit tambahan, kualitas kertas buku ini bagus lho. Penuh warna. Secara keseluruhan suka banget sama novel ini. Sampai nggak terasa ratusan halaman itu tadi selesai dengan sangat cepat.

Buku Simple Thinking about Blood Type ini sendiri terbagi menjadi 4 bagian.

  • Bagian pertama adalah Taman Kanak-Kanak.

Di bagian ini menceritakan alien-alien golongan darah A, B, AB, dan O di masa TK mereka.

Ada 19 sub bab dalam bagian pertama. Menggambar, menggambar hantu, permainan memasak, lomba olahraga, dsb.

  • Bagian kedua adalah Sekolah.

Lebih banyak dari bagian sebelumnya, dan lebih seru dari sebelumnya. Mungkin karena aku, si pembaca juga masih masa sekolah šŸ˜€ Jadi mikir temen sebangku aku golongan darahnya apa ya? Terus dia yang suka nyontek waktu ulangan golongan darahnya apa ya? J

  • Bagian ketiga adalah Kantor.

Dari keempat bagian, ini yang paling sedikit diulas. Paling suka sub bab Penataan Meja Kantor. A yang sangattttt rapi. B yang bersih (bukan rapi, ya). O yang amat sangat berantakan. Dan terakhir AB, bersih diluar tapi di suatu tempat di mejanya berbagai macam barang dimasukkan tak beraturan. Sungguh terlalu AB.

  • Bagian keempat adalah Kehidupan Pribadi.

Bagian terakhir yang paling istimewa. Alasannya karena paling banyak sub bab-nya. Jadi, masih bisa berlama-lama menikmati komik ini šŸ˜€ Bagian ini mengulas banyak hal mengenai keempat golongan darah.

***

Suka sekali sama buku ini. Full colour, kertas bagus, terjemahan bagus. Amanat yang dapat aku ambil dari buku ini terdapat di blurb-nya.

Dalam berinteraksi dengan orang lain, tidak ada salahnya kita mencoba mengerti apa yang dirasakan oleh teman dekat ataupun orang lain yang belum kenal.

I recommend this book for you guys.

Keterangan Buku:

Penulis: Park Dong Sun

Penerjemah: Silvanissa NA

Penyunting: Nona Aubree

Proofreader: Yuli Yono

Cover dan layout: @teguhra

Penerbit: Penerbit Haru

Terbit: I, Mei 2014

Tebal 302 hlm

Oh, ya di akhir buku ini ada kabar gembira untuk fans Park Dong Sun yaitu lanjutan dari buku ini, Simple Thinking about Blood Type 3 akan hadir. Waktunya kita tunggu bersama ^^

STABT2 - 03

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s