Review: Curhat Admin

Standard

Curhat Admin
Minta, no. HP-nya Kim Hyung Joon dong, Min!
Min, alamar rumahnya T.O.P dong! Urgent, nih!!!
Min, emang Hyun Bin pergi wamil jam berapa?

Pernah dapat mention seperti itu?
Admin pernah, dong. Sering banget, malah. Disangkanya Admin pusat informasi kependudukan korea, kali ya?
Banyak yang mikir kalau jadi admin fanbase per-Korea-an itu gampang, menyenanagkan, dan selalu dapet tiket konser gratis.

Eits, jangan salah.
Dunia admin (terutama per-Korea-an) nggak semuanya berisi pelangi dan unicorn.
Nggak percaya? Fine! Baca aja buku ini!

Inilah kisah keseharian kami, para admin @KoreanUpdates dan @all_Kdramamovie yang setiap hari berjuang menebarkan virus K-Pop, K-Drama, dan K-Movie di antara curcol para followers.

Udah akrab belum sama admin-admin dari kedua fanbase Korea di atas? Suka mention-mention mereka? Tanya apapun tentang Korea sama admin-admin disana?

Kalau iya enggak juga nggak masalah, sih kalian wajib hukumnya baca buku ini 😀 Curhatan para admin dari @KoreanUpdates alias KU dan @all_Kdramamovie alias AKDM dirangkum di dalam buku ini. Menceritakan senengnya jadi admin misalnya dapat meningkatkan followers di akun pribadi dan sedihnya jadi admin seperti, harus menerima amukan para followers karena konser batal (padahal bukan tanggung jawab adminnya).

Sedikit curcol, ya. Di tahun 2012 lalu, aku sempat jadi admin juga. Admin dari salah satu fanbase boyband dan girlband Indonesia, tapi sekarang udah nggak lagi karena sibuk sekolah. Saat baca buku curhat admin, ada beberapa hal yang aku alami atau mungkin juga para admin di seluruh dunia ini 😀 Jadi berasa flashback. Tanya alamat artisnya, nomor HP-nya, jadwal artisnya, dsb. Jujur waktu ditanya begituan bingung banget. Tapi, yah, ada enaknya juga. Enaknya, jadi punya banyak kenalan yang satu fandom, sama-sama suka artis itu. Teman facebook jadi lebih banyak, bisa seru-seruan lewat game.

Oke, daripada kebablasan kita balik lagi. Buku curhat admin ini di pisah jadi dua bagian, admin AKDM di bagian pertama lalu KU di bagian selanjutnya. Biar nggak kecampur-campur mungkin maksudnya. Karena dilihat dari namanya, kedua fanbase ini punya dua hal yang serupa tapi tak sama. Sama-sama bahas soal dunia hiburan Korea, tapi kalau AKDM lebih ke K-Drama sedangkan KU lebih ke K-Pop.

Dibanding curhatan mimin KU, aku lebih bisa ngikutin curhatan mimin AKDM #peace. Karena aku pecinta drama Korea sejati, kalau K-Pop paling kenal sama nama grup-nya doang, SNSD, SUJU, MISS A, 2NE1, sama EXO (yang akhir-akhir ini sering banget muncul di TL). Untuk sampul depannya, pendapat pribadiku, nggak beda saat lihat sampul buku-buku terbitan Haru lainnya yaitu, menarik. Digambarkan di sini wajah 10 admin yang terdiri dari 9 wanita dan 1 pria. Prianya bernama Edwin Joo, admin dari KU, sekaligus yang terganteng di sana.

Selesai baca buku ini, hal yang aku dapat adalah kenyataan bahwa dari dulu memang beginilah admin seneng dan sedihnya tiada berakhir. Buku di rekomendasikan untuk kalian semua, curhatannya dibuat tidak membosankan. Ada selipan gambar-gambar lucu dan TTS. Sayangnya nggak bisa jawab TTS dari KU, karena terbatasnya pengetahuan soal dunia K-Pop.

Penulis: @KoreanUpdates & @all_Kdramamovie

Editor konten: Tatz Sutrisno

Editor: NyBlo

Cover desainer & ilustrator: Rarasshii

Layouter: @van2fabiola

Proofreader: Yuli Yono

Penerbit: Penerbit Haru

Tebal: 186 hlm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s