So I Married The Anti-Fan | A Novel by Kim Eun Jeong

Standard

Foto-01945

“Meskipun situasi ini ibarat jalan berbara api baginya, tetapi bila apinya mati, maka tidaklah lebih dari jalan biasa.”

[Halaman 75]

Di usia yang ke-27, Lee Geun Yong merasa hidupnya penuh kesialan. Di saat dia seharusnya sudah mapan dengan pekerjaannya, Geun Yong malah dipecat dan menerima banyak hujatan dari berbagai pihak. Semua kekacauan itu berawal dari muntahannya. Muntahan di sepatu bersih Hu Joon dan muntahan tepat di belakang mobil kesayangan pria itu.

Maaf, saya terpaksa…

Maaf. Akan segera saya bersihkan.

Sekali lagi, saya minta maaf.

Meskipun telah berulang kali mengucapkan maaf atas perbuatannya, Geun Yong harus menerima kenyataan bahwa Hu Joon tidak memaafkannya.

“Mentang-mentang seorang aktor terkenal, lantas merasa paling hebat? Apa susahnya sih menerima permintaan maaf orang?” [Halaman 25]

Geun Yong yang merasa sudah terhina dan terinjak-injak harga dirinya, berniat melaporkan Hu Joon ke kantor. Mungkin, mungkin saja itu akan jadi berita besar. Namun keesokan harinya, sebuah perintah telah menghentikan niatnya itu. Geun Yong begitu kaget setelah atasannya memberi perintah untuk ‘membersihkan meja’.

Tagihan listrik, gaun yang belum lunas, cicilan laptop, hutang-hutang. Geun Yong merasa kepalanya hampir pecah. Dia tidak punya uang dan tidak punya tempat tujuan. Kembali ke rumah orang tua pun bukan sebuah solusi.

Dan ini semua karena Hu Joon.

Sejak itulah dia muncul sebagai anti-fan Hu Joon. Geun Yong berusaha menjatuhkan Hu Joon namun rasanya semua itu begitu sia-sia. Dia hanya terus menerima hujatan dan hujatan. Tapi rasanya semua itu tidak terlalu mengecewakan saat PD Han –si Tangan Midas mengajaknya bermain dalam variety show.

Geun Yong sangat terkejut begitu tahu Hu Joon akan bermain di sana pula. Dia sempat berniat untuk mundur. Tapi setelah memikirkan bahwa itu sebuah kesempatan menunjukkan sifat asli Hu Joon sekaligus kesempatan membayar hutang dan tagihan, Geun Yong setuju.

Tentu saja semuanya tidak berjalan lancar. Semua fan Hu Joon sudah bersiap melawan Geun Yong. Geun Yong sebenarnya gentar dengan hal itu, toh dia sudah pernah merasakan kekejaman fan-fan Hu Joon. Namun Geun Yong sudah berkomitmen membongkar sifat asli Hu Joon.

Akan tetapi, Geun Yong malah menemukan fakta-fakta kehidupan Hu Joon yang tidak pernah diumbarnya ke publik. Tempat kelahirannya, ibunya, cinta pertama Hu Joon, dan luka-luka yang selama ini terjadi dalam hidup Hu Joon.


Aku sangat senang sekali punya kesempatan membaca So I Married The Anti-Fan. Mengingat karya Kim Eun Jeong lainnya, Cheeky Romance sangat memuaskan sekali ceritanya. Nah, novel ini pun juga begitu. Jika Cheeky Romance menceritakan mengenai seorang dokter dengan seorang reporter, novel ini menceritakan tentang seorang wartawan dengan seorang bintang terkenal.

Yang paling aku sukai dari So I Married The Anti-Fan adalah cara penulis membuat pertemuan pertama mereka  –kacau sekaligus lucu. Saat membaca sebuah novel, pastilah pembaca mengimajinasikan peristiwa yang terjadi di sana. Begitupun aku. Membayangkan peristiwa pertemuan pertama mereka dibumbui muntahan Geun Yong bisa membuat tertawa sendiri saat membaca.

So I Married The Anti-Fan dapat membuatmu terhibur sekaligus memotivasimu terus berjuang. Ketika Geun Yong dihujat bahkan hingga dipukuli oleh fan-fan Hu Joon, dia sama sekali tidak putus asa. Malahan Geun Yong terus semangat. Hingga akhirnya dia memperoleh keberuntungan melalui tawaran dari PD Han Myung Soo.

Dari sosok Hu Joon sendiri kita dapat memahami arti kasih sayang sebenarnya. Kita akan dibuat terharu membaca berbagai pengorbanan yang diberikan Hu Joon pada orang yang disayanginya. Di balik sikapnya yang sombong, kasar, dan suka semaunya, Hu Joon memiliki hati yang tulus dan sikap tanggung jawab yang besar.

Nah, jika niat awal membaca novel ini adalah menikmati adegan romantisnya, aku sarankan mencoba beralih ke novel lain. Cheeky Romance, misalnya. Dibandingkan penuh adegan romantis, novel ini lebih banyak adegan lucu. Geun Yong yang dikerjai Hu Joon dengan berbagai permintaan konyolnya. Juga Hu Joon yang dikerjai Geun Yong melalui celah di setiap kesempatan.

Ada poin lagi yang membuat So I Married The Anti-Fan sangat menarik untuk dibaca. Penulis, Kim Eun Jeong mampu menggambarkan kehidupan showbiz Korea dari sisi lain, tidak seperti yang sering dilihat publik. Diperlihatkan kehidupan para selebriti itu tak seindah negeri dongeng . Tuntutan tampil sempurna dari para fan, tekanan dari agensi untuk selalu sempurna dan ‘bersih’ dari gosip, pelecehan yang kadang mereka alami.

“…kau tidak boleh sampai kehilangan karakter dirimu sendiri. Kalau karaktermu hilang, pekerjaanmu ini juga akan hilang. ‘Kulit’nya bisa berubah menjadi apa saja, tapi kalau tidak ada ‘isi’nya, percuma saja…” [Halaman 78-79]

Sayang banget, masih ada salah ketik yang ‘bertebaran’ di sini.

Geung Yong kembali memandangi ratusan fan.” [Halaman 139] Seharusnya Geun.

“Tetapi Hu Joon bahkan tidak memedulikan perkataan Hu Joon.” [Halaman 181] Semestinya Geun Yong.

“Geun Yong tidak menyia-siakan kesempatan ini….” [Halaman 188] Yang tepat semestinya menyia-nyiakan.

“Geun yong berjalan di lorong dengan wajah….” [Halaman 249-250] Seharusnya diawali huruf kapital.

“…memikirkan hal ini sebelumnya ya?” [Halaman 387] Ada tanda kutip, padahal semestinya tidak.

So I Married The Anti-Fan tergolong novel yang tebal. Halamannya mencapai 500 lebih. Jadi, aku rasa novel ini cocok banget untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Dapat menghibur setelah minggu yang penat.

Selamat membaca. 🙂

“…aku suka padamu karena kau tidak menyukaiku dan tidak mengharapkan apa pun dariku, sehingga aku merasa nyaman.” [Halaman 170]

Foto-0192

So I Married The Anti-Fan by Kim Eun Jeong

Keterangan Buku:

Judul: So I Married The Anti-Fan

Penulis: Kim Eun Jeong

Penerbit: Haru

Penerjemah: Putu Pramania Adnyana

Penyunting: Nyi Blo

Proofreader: Dini Novita Sari

Ilustrasi isi: Frendy Putra

Cover: Bambang ‘Bambi’ Gunawan

Terbit: I, Oktober 2015

Tebal: 525 hlm

Advertisements

50 responses »

  1. Pingback: [Blog Tour & Giveaway] So, I Married The Anti-Fan | Sudut Baca

  2. Covernya lucu, menggambarkan banget judul novel ini XD
    Apalagi katanya bentar lagi novel ini bakalan jadi film Tiongkok dan pemeran utama cowoknya itu Chanyeol >.<
    Dan 500 halaman lebih … hidup buku bantal! #heh
    Jadi gak sabar kepengen punya buku ini deh

  3. “Meskipun situasi ini ibarat jalan berbara api baginya, tetapi bila apinya mati, maka tidaklah lebih dari jalan biasa.”

    [Halaman 75]

    aku suka banget notes ini. Permasalahan sesulit apapun jika kita bisa menghadapinya dengan baik maka akan terasa mudah 😀

    Keren banget sugoi… eh

  4. Kerennnn^^ dari mulai covernya yg lucu menggambarkan bngt gmn jail dan lucunya mereka lg bertengkar. jalan ceritanya pun gk ngebosenin ya 😀 ahhhh pokoknya ini novel paket komplit bngt udh halnya sampai 500 lebih,puas bngt deh bacanya
    Kata kata quotesnya pun mendalem bngt …jd gk sabar pengen punya novel ini :’)
    Karya2 Kim Eun Jeong keren2 bngt deh^^

  5. Cover barunya fresh banget nih. Apalagi ekspresi tokohnya, digambarkan banget lewat ilustrasi covernya. Aku suka baca novel yang bahas interaksi seorang public figure. Ceritanya selalu berhasil mengungkap hal yang tidak kita ketahui. Sesuatu yang kadang tersembunyi dan jarang disadari oleh para fans. Baik itu berupa hal biruk maupun hal baik yang kadang tertutupi di panggung yang gemerlap.

  6. Pengen buku ini dari beberapa tahu yang lalu.. Tapi do toko buku udah kosong, dan beli online aku gak bisa.. Seneng pas sekarang udah di terbitin ulang.. Tapi uang lagi ke sedot sama tugas sekolah, maklum siap-siap UN. Dan aku berharap banget bisa menang.

    Lalu pas ada info novel ini mau di filmin dan chanyeol exo pemerannya. Aku nangis! Bener bener kesel.. Kenapa aku belum beli buku ini dari dulu, kalo bakal tau di filmin dan pemainnya chanyeol exo.. Idola aku. -maklum aku EXO-L-

    Dan sepuluh jempol deh buat buku ini…

  7. Keren covernya dua tokoh menggambarkan tokoh didalamnya, warnanya manis. Kesannya simple tapi menarik. Reviewnya bagus nambah bikin penasaran novel ini

  8. Sepertinya buku ini cukup unik dan menarik. Mulai dari seseorang anti-fan yang muntah dihadapan seorang selebritis hingga harus dikeluarkan dari kerja dan menerima banyak hujatan. Ya walaupun novel bertema ini seperti dari tidak suka—bisa dibilang benci—berubah menjadi suka, tapi aku yakin Kim Eun Jeong punya sisi lain dalam memaparkannya. Yang bikin petjah lagi, novelnya mau di filmkan ^_^

  9. Cover bukunya keren banget, apalagi denger-denger ini buku mau dijadiin film dan yang main Chanyeol EXO. duh pengen baca sebelum nonton filmnyaaaa 😀

  10. hmm sebenarnya jadi anti-fan itu juga itu hal asasi manusia sih, dalam tanda kutip tidak terlalu melampaui batas. Seperti kisah Hu Joon-Geun Yoong di novel ini, kisah hater dan artisnya sudah nggal asing lagi. Bahkan tak jarang fanwar yang berujung kekerasan pun terjadi, karena banyak fakta yang memaparkannya. Aku cuma mau bilang lewat So, I Married the Anti-fan ini, kehidupan artis dan fan, serta haternya tidak selalu seperti apa yang kita ekspektasikan.Ada banyak hal yang belum diketahui.

    And……. Congrats! For Park Chanyeol! untuk mainin peran Hu Joon, pasti cocok deh, apalagi lawannya cantik gitu muehehehe… :))))

  11. Pantesan, pas baca reviewnya kayak rada-rada mirip Cheeky Romance. Diawali insiden, ada hujatan, reputasi pekerjaan turun tapi ada tawaran kerja baru yang buat ketemu dengan musuh, dan sekian sekian sekian ^_^))”> Baru nyadar, ternyata dari penulis yang sama..

    Ikutan giveaway-nya ah, siapa tahu beruntung dapat karya Kim Eun Jeong yang satu ini 🙂

  12. ini nih salah satu hate-love relationship kekeke~ sebuah hubungan yang pastinya menarik dan bikin greget, apalagi di sini menceritakan seorang Idol yang berhubungan dengan anti-fannya, kebayang dong serunya gimana, apalagi berdasarkan kabar yang beredar sekarang ini kalau member exo yang berinisial pcy bakal jadi tokoh utamanya, mana suaranya anti-fan chanyeol??? eh keceplosan, sembari menunggu dramanya, alangkah baiknya membaca novelnya terlebih dahulu.

    “Mentang-mentang seorang aktor terkenal, lantas merasa paling hebat? Apa susahnya sih menerima permintaan maaf orang?” [Halaman 25] <<< ini nih songong banget, jangan ditiru hahaha

    eits jangan suudzon dulu, ada tapinya nih

    Di balik sikapnya yang sombong, kasar, dan suka semaunya, Hu Joon memiliki hati yang tulus dan sikap tanggung jawab yang besar.

    Ah makin penasaran nih, semoga bisa terlaksana untuk menikmati karya Eun Jeong eonni yang satu ini 😀

  13. Menurutku buku ini sangat rekomended banget, karena mengisahakn seorang idol yang menyukai seorang dari antifansnya. Kuberi 4 bibtang dari 5 bintang untuk buku ini ^ ^ 😀

  14. Bagus, reviewnya menrik ^^ .kelebihan dan kekurangannya jelas reviewnya jug bikin orng lain pensaran ^^ i like itt!!

    Sukses terus yaa kak dinar 🙂

  15. Sebenarnya aku sudah baca yang cetakan pertama [punya temen] kalau gak salah, awalnya lihat bukunya yg super tebel gak yakin bisa cepet nyelesain bacanya, tapi pas baca ternyata gak selama yg dipikirkan. Kesan greget pertama tentu aku gelarkan pada Hu-Joon karena di awal-awal kelakuannya musti ngeselin, tapi lambat laun terkuak deh rahasia dibalik semua itu.

    Banyak kata-kata bahasa Korea yang lumayan nambah kosakata :D, meskipun kadang terkesan terlalu dipanjang-panjangin, tapi keren kok ceritanya haha, greget!

    apalagi pas tau kalau novel ini bakal di filmin, dan chanyeol jadi pemeran utamanya,, jadi pingin punya sendiriiiii

    covernya lucu, warnanya kuning!

  16. bukunya sudah saya baca nih, dengan cover yang lama. hehe. baca reviewnya jadi senyum-senyum sendiri berasa baca ulang bukunya. komplit banget deh. nasih Geun Yong masih enak ketimbang Ji Eun yang tidak terlalu terlibat dengan fansnya Yong Jae. Karena inti cerita hampir sama sama drama Full House. Jadi tambah pensaran sama filmnya nanti, semoga tidak mengecewakan/berbeda dengan bukunya hehe. Adikku Chanyeol, aktingmu harus bagus ya!! Semangat!!
    Buat yang belum baca, ini buku memang menarik banget loh. Cara Kim Eun Jeong bercerita itu selalu mengambil sudut pandang yang berbeda. Membuat cerita jadi mempunyai nilai plus tersendiri ^^
    Kalau buat reviewnya, ngejual banget deh. coba ditambah sama perubahan cover dengan yang lama-lama pasti tambah keren tuh. Soalnya cover kali ini ngejreng banget!! ngejual abis!! hehe Sukses ya^^

  17. Dari dulu aku udah demen banget sama kisah idola yang nikah sama antinya gitu. Bikin greget nyengir gimana gitu. Apalagi kisah ini kaya kisah kutukan garagara ‘muntahan’ Geun Yong yang kena sepatu Hu Joon :v ngakak deh
    Masa garagara muntahan doang Hu Joon sampe gamau maafin Geun Yong. Padahal muntahannya gakena arena ‘badan’ dia :3
    Kayanya sifat Hu Joon arogan banget dah. *Kyuhyun aja ga kek gitu tuh :v #plok #soktoi

    Mau baca bukunyaaaaaaaaaa ><

  18. Novel ini emang bikin gemes. Udah baca juga sih, tapi baca review di atas malah senyum-senyum nggak jelas lagi nginget kisahnya.

    Aku pengin punya si kuning. Hohohoho.

    Reviewnya pasti bikin penasaran yang belum baca. Hehehehehe.

    Semoga aku beruntung. ^^

  19. novel yang wajib punya sepertinya, meneritakan sisi lain dari seorang bintang yang tidak hanya berisi keglamoran dunia showbiz tapi juga jati diri nya yang sesungguhnya. Juga bagaimana ‘ganas’nya anti fan di Korea? Nggak kalah bagusnya dari Cheeky Romance nih.

  20. Dari semua buku Haru yang pernah aku beli, So, I Married the Anti Fan yang halaman nya banyak banget. ini buku tebal banget. meskipun tebal gitu, baca nya gak bosan (btw aku punya novel ini yg cover ke 2)
    waktu itu baca novel ini di kampus sampe diledekin teman2 “itu baca novel apa kamus? tebal gitu”
    ya udah aku mah ketawa ajaaa 😀
    ah, 1 lagi. novel So, I Married the Anti Fan ini lah novel pertama yang bikin aku terkena #HaruSyndrome (serius)
    Aku malah exited banget pas tau novel ini diangkat jadi film layar lebar dan pemeran utama nya Chanyeol EXO……..~~~~

  21. Selalu ada yang menarik tentang kehidupan artis. Buku ini udah punya tiga versi lagi >_< berasa pengen punya semuanya. Aku suka dengan covernya yang berwarna kuning meskipun aku sebenarnya lebih suka cover yang paling awal, sederhana namun mengena dan lebih mirip cover koreanya. Selain itu harganya lebih murah yg edisi awal *ditampol*
    Terus, ketika kemarin cek instagram haru, yg mainin ceweknyaorang China ya, jadi ini kolaborasi dua negara. Jadi kepo gimana filmnya 😀

  22. Sejak pertama kali baca sinopsis dan review novel ini dari berbagai sumber, langsung naksir. Makin searching makin penasaran. Suweeerrr. Tema benci jadi cinta kayak gini tuh emang selalu bikin gemes. 😉
    Nyesel deh dulu nggak nyamber nih buku gara-gara judulnya ala fanfic banget, jadi saya kira ini buku kumpulan fanfic fans kpop. Hahahaha XD
    Btw, ternyata cover yang baru ini cocok juga ya. Waktu itu saya nggak vote yang ini padahal. Hwehehehe. Covernya cantik nih. Sukaaaaa. Suka luar dalem deh. 😀

  23. Wahhhh … Kayaknya bakalan seru nih kalau baca novelnya ala-ala drama korea gitu sih. Meskipun endingnya kurasa bakalan ketebak dilihat dari judulnya juga, tapi kurasa bumbu-bumbu komedi dan juga perjalanan hidup Hu Joon akan semakin mewarnai kisah Geun Yong dan Hu Joon. Anti-fan, waduh berani bangettsss ya sampai segitunya mau ngejatuhin Hu Joon. Heheheheeeeee
    Covernyaaa lucuuuuuu. Aku suka bangettss. Reviewnya ngena bangetttss. Makasih ya 🙂

  24. Pingback: [Blog Tour & Giveaway] So, I Married The Anti-fan | Girl with Writing Problems

  25. Setuju.. Setuju..
    Saya jg salah satu fans dari Kim Eun Jeong.
    So I Married The Antifan itu novelnya lucu^^ dari segi cover, lebih suka cover yg baru daripada yg lama itu. Oh iya saya sudah 2x baca loh >,<
    Eh, menurut saya My Boyfriend Wedding Dress jg bagus.
    Tapi, menurut saya novelnya Kim Eun Jeong itu -mungkin bagi sebgian orang- awal-awalnya mebosankan, saya jg sempat merasa begitu sih, tp kalo udah dapat bagian serunya, saya udah nggak berhenti membaca haha.

  26. Wuah pasti bakalan lucu dan ngegemesin banget deh ceritanya. Suka deh, jadi Hu Joon gak harus berpira-pura di depan Geun Yeong. Berharap mereka visa jadian. Hehe.
    Pengen banget dapetin Novel ini, karena emang suka sama genrenya yang comedy romantis. Apalagi mau difilmin terus pemeran itamanya Chanyeol. Pasti makin kece deh! ^^

  27. Aaah makin banyak baca reviewnya, makin kepengin dapet bukunya -_-. Romance comedy ya? Ah pasti kalau sudah selesai baca bukunya,aku bakal ketagihan baca lagi dan lagi. Apalagi ini buku bantal dan para reviewer bilang ceritanya bagus. Bakal nggak hilang-hilang dari pikiran nih kalau baca kisah Hu Joon dan Geun Yong. Semoga beruntung bisa menangin novelnya.

  28. Aku suka banget deh review nya, rapi banget, enak dibaca! ❤ Aku dulu sempet pengen baca novel ini, tapi karena ini novel lama (dan Haru ngeluarin buku baru mulu, huft) ngga jadi mulu belinya. Aku baru tau plot lengkap nya pas baca disini. Dan ternyata.. Bagus banget! Pengen baca banget! Aku pengen tau apa si Geun Yong masih benci sama si Hu Joon setelah tau luka2 Hu Joon ya? Plot nya menarik banget, kayaknya bakal jadi salah satu buku yang susah buat di taro di rak deh sebelum selesai baca seluruhnya. xD

  29. kepingin banget baca cerita tentang korea-korea begini. yang biasanya cuman nonton drama. dibuat tertarik sih sama covernya yang sudah recover ketiga bukan ya? banyak banget pastinya wartawan yang jengkel sama artis, tapi sampai dibuat novel itu bener-bener idenya (y) review nya tambah buat penasaran sekali.

  30. Ini novel yang pengen banget aku baca. aku suka korea, suka juga novel-novel korea.
    Liat covernya aja seger banget warnanya cerah. gambarin banget tentang idol dan antifansnya.
    uh ide ceritanya juga menarik banget kan. kalau di WGM kan dua artis yang pura-pura nikah tuh lah ini sama antifansnya. Gimana coba, aaaaak penasaran banget ingin baca (:

  31. Pingback: [Blog Tour & Giveaways] So, I Married the Anti-fan | utsukijurnal

  32. Saya belom pernah baca novel karya Kim Eun Jong sih. Lebih tepatnya belom pernah baca novel korea. Tapi saya tertarik buat baca novel yang satu ini. Kisah seorang idol dengan fansnya memang menarik. Tapi jika disandingkan dengan anti-fan jauh lebih menarik :3
    Selain dari segi ide cerita, desaign cover yang ciamik dan benar-benar mengilustrasikan inti cerita jadi nilai plus tersendiri.

    Makasih ya reviewnya. Bikin saya makin penasaran sama novel ini. Gak sabar buat baca deh :3

  33. Setelah baca reviewnya, kurang lebihnya aku jadi tahu gambaran dari isi buku ini. Yang kesannya isi buku ini lebih kepada kesan lucu dan banyak hal – hal yang tak terduga terjadi sehingga menjadikan buku ini menarik. Apalagi dengan cover baru, aku jadi semakin ingin membaca buku ini. Dan sebenarnya aku belum pernah baca K-Iyagi jadi penasaran sama gaya – gaya penulis korea ^^

  34. Sebagai pria. Memang sedikit asing bagiku dengan novel-novel berbau romantis apalagi dari negeri “Gingseng” Seoul. Semua koleksi buku jarang sekali dari novel terjemahan. Karena sedikit tidak terbiasa dengan hal asing. Tapi, So, I Married The Anti-fan sangat memantik penasaran. Sedikitnya kehidupan merekalah, di luar dari zona korea perfilman yang selalu digambarkan perfect. Sepertinya novel ini menyajikan hal baru. I Like It.

  35. Novel baru rasa lama, begitu sebutan yang cocok untuk novel ini.
    Meskipun baru, tapi sebenarnya ini merupakan judul yg sudah lama diterbitkan oleh Haru, kemudian diterbitkan lagi. Tapi buat yg belum baca (termasuk saya), ini merupakan salah satu judul wajib.
    Semoga lewat giveawaynya, saya berhasil mendapatkan novel kece ini.:)

  36. Terus terang aku penasaran bgt dgn novel So I Married The Anti-Fan ini.
    Sampai dicetak ulang, artinya banyak yg merequest supaya novel ini diterbitkan kembali. Dan ini artinya novel ini merupakan best seller.
    Apalagi rencananya novel ini juga mau difilmkan.
    Makin lengkaplah rasa penasarannya. Pokoknya buku ini menjadi salah satu judul yg wajib dimiliki di tahun ini!

  37. Baru tahu kalau novel korea juga masuk ke sini, haiiisshh aku gak update banget ya *tepok jidat

    Baca review novel ini ttg artis korea, jadi inget serial korea tentang artis dan nanny anak-nya ( lupa juga judul & pemainnya *tepok jidat lagi! :p )
    Sepertinya novel ini cukup menarik, apalagi lucu, jadi pas buat refreshing.

  38. Dari cover sama judulnya aja udab kelihatan kalo novel ini bergenre komedi romantis. Nggak ada kisah cinta paling menyenangkan untuk diikuti selain kisah romantis yanh dibumbui sama komedi. Dan aku penasaran banget. Seorang punlic figure nikah sama seseorang yang sama sekali nggak suka sama keberadaannya di dunia itu. Pasti bakal ada adegan ‘perang-perangnya.’ Penasaran deh pokoknya sama ceritanya

  39. pertama kali tahu novel ini, karena di tag salah satu teman yg menginfokan klo novel ini akan difilmkan dan aktor utamanya adalah Chanyeol EXO. yup, saya sebagai EXO-L terus kepo, novel apa sih ini. Dan ini ulasan pertama yg saya baca soal novel ini. Jadi makin penasaran dengan jalan ceritanya. Makasih banyak mbak atas ulasannya 🙂

  40. Suka banget ama kutipan
    “…aku suka padamu karena kau tidak menyukaiku dan tidak mengharapkan apa pun dariku, sehingga aku merasa nyaman.” [Halaman 170]

    berasa kenak banget ke hati –”
    awal tau ada So I Married The Anti-Fan itu yah dari abang Chanyeol yang mau maen film itu., aduhh aduh ternyata jalan ceritany kocak juga yah, jadi penasaran banget ama adegan muntahan –” mau liat gimana tingkahnya Joon, abis itu ditambah kocaknya pembalasan2 hahaha ,, pengen itu buku huaaa…

  41. keren..
    satu kata yang menurut aku cocok sama buku ini^^
    aku tipikal yang suka cerita dengan banyak makna tersembunyi didalamnya, Korean people emang paling suka yah nulis kaya gitu..
    penasaran banget sama versi filmnya, Chanyeol, Yuan, Seohyun, hwaiting!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s