Review: P.S. I Still Love You by Jenny Han

Standard

foto-0192000

“Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi.”

Lara Jean memulai lagi dengan Peter. Semuanya, dari awal. Konflik sebelumnya memang mengacaukan mereka tapi Lara yakin unutuk tetap mempertahankan Peter. Sebuah surat dari Lara memulai kembali cerita baru mereka di tahun baru.

Kemudian dibuatlah kontrak itu.

Sebuah kontrak mungkin bagus juga bagi kami.

Kontrak itu bisa membantu kami menghindari masalah dan membuat kami bisa tetap bersikap penuh tanggung jawab.

[Halaman 46]

Dan salah satu isinya adalah Lara Jean dan Peter akan selalu jujur pada satu sama lain.

Kemudian, konflik besar mengguncang mereka. Video Lara dan Peter di pemandian menyebar luas di internet. Seseorang sudah merekam dan mengirimkannya ke @anonybitch –akun Instagram yang memuat foto dan video orang-orang yang bermesraan dan mabuk-mabukan di pesta.

Hidup Lara seakan jungkir balik karena itu. Image dirinya di mata orang-orang sudah berubah. Komentar-komentar menghujat datang untuknya dari siapapun –termasuk orang-orang yang tidak dikenalnya. Meski gosip tentang video itu perlahan memudar, tapi ternyata tidak sepenuhnya hilang.

Seseorang berencana menghancurkan hubungan yang ingin dibangun kembali oleh Lara dan Peter. Video itu muncul saat presentasi yang dihadiri para guru hingga menghiasi gambar desktop di laboratorium komputer.

Chris yakin itu ulah saudara perempuannya, Genevieve. Begitupun Lara Jean. Dia yakin otak dibalik semua masalah ini adalah mantan sahabatnya, Genevieve.

Tapi, entah kenapa Peter mencoba menggoyahkan anggapan itu. Peter yakin jika bukan Gen dibalik semua ini. Hal itu, membuat Lara merasa Peter masih mencintai Gen. Pacarnya itu membela mantan pacarnya, tepat di depannya.

Di tengah-tengah konflik itu, muncullah John Ambrose McClaren. Surat Lara akhirnya diterima oleh John. Mereka berdua saling bertukar surat hingga akhirnya bertukar nomor telepon. Saat hubungannya dengan Peter tengah diuji, John kembali datang.

Cowok gagap yang dulu disukai Lara itu sudah banyak berubah. Dia tidak lagi gagap, semakin percaya diri, dan populer diantara teman-temannya.

Bagi Lara, Peter masih cowok satu-satunya. Tapi bersama John, muncul percikan-percikan yang sebelumnya pernah ada. Sedangkan John, dia punya perasaan tersendiri bagi Lara.

….

Ini yang paling…paling… aku tunggu-tunggu! Setelah menutup halaman terakhir To All The Boys I’ve Loved Before, sangat nggak sabar untuk membaca sekuelnya. Tapi sayangnya saat itu belum terbit, baik yang versi bahasa Inggris maupun versi Indonesia. Jadi, apa boleh buat selain menunggu sekuel lanjutannya. Kemudian nggak sia-sia! Di bulan September, Penerbit Spring tercinta menerbitkan sekuel dari kisah Lara Jean dan Peter Kavinsky.

Sungguh, waktu baca P.S I Still Love You ingin terus balik ke halaman-halaman berikutnya. Lebih romantis dibandingkan novel pertamanya! Itu hal pertama yang bikin P.S I Still Love You nggak boleh dilewatkan. Masih ingat sekali kejadian-kejadian di novel ini yang bikin nggak tahan untuk senyum-senyum sendiri. 🙂

Di sini akan muncul tokoh baru yang sebelumnya sempat disinggung sedikit di TATB, John Ambrose McClaren. Dia juga salah satu dari lima orang yang menerima surat dari Lara. Setelah kemunculannya, John jadi tokoh favoritku menggantikan Peter.

Sedikit kecewa sama sikap Peter di sini. Okay, dia memang sangat gentlemen dan perhatian sama Lara. Tapi sikap yang Peter tunjukkan untuk Gen bikin dia kelihatan nggak bisa menentukan sikapnya sendiri. Meski pada akhirnya kita tahu Peter Cuma ingin membantu orang yang membutuhkannya.

Selain Peter dan Lara, ada kisah cinta lain yang disajikan di sini. Margot dan Josh serta Ayah Para Gadis Song dengan tetangga depan rumah mereka, Ms. Rothschild. Para gadis Song –utamanya Kitty ingin membuat ayah mereka berkencan. Lara dengan caranya sendiri berusaha dengan mendaftarkan ayahnya ke situs jodoh online. Sedangkan Kitty, dia tidak mau jauh-jauh. Di depan rumah mereka ada Ms. Rothschild, janda yang sangat disukai Kitty.

Ketika membaca ini, perasaan pembaca jadi terasa ikut dipermainkan. Konflik yang diciptkan Jenny Han terasa sekali dan nggak hanya satu. Selain itu, terhibur juga dengan tidak ditemukannya salah ketik di sini. Yippiy! Tapi di bagian akhirnya, feel-nya terasa kurang menurutku. Penyelesaian dari semua konflik yang muncul sepanjang cerita terasa biasa aja. Berharap banget ada buku ketiganya, mungkinkah? 😀

Meski bagian akhirnya terasa kurang, sekuel dari TATB ini wajib dibaca. Sikap-sikap bermusuhan dari Genevieve pada Lara juga akan disampaikan penyebabnya di sini. Dan ternyata karena…itu.

Belum ada rencana baca novel kedua? Atau malah ada yang belum baca kedua-keduanya? Aku sarankan untuk segera membacanya. Buat yang suka dengan kisah romance anak SMA, dua novel karya Jenny Han ini patut dipasang di urutan pertama untuk dicicipi.

Banyak orang yang keluar masuk di hidupmu. Untuk satu masa, mereka adalah duniamu, mereka segalanya. Lalu suatu hari mereka bukan lagi apa-apa bagimu. Kau tidak bisa tahu seberapa lama mereka akan berada di dekatmu.

[Halaman 347]

Sebagian besar dari cinta adalah kemungkinan. Ada sesuatu yang indah dan menakutkan tentang itu.

[Halaman 350]

 

Keterangan Buku:

Judul: P.S I Still Love You

Penulis: Jenny Han

Penerbit: Spring

Penerjemah: Airien Kusumawardani

Penyunting: Selsa Chintya

Proofreader: Titish A. K

Ilustrasi Isi: @teguhra

Terbit: I, September 2015

Tebal: 356 hlm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s